Manfaat Propolis Untuk Kesehatan

Manfaat propolis untuk kesehatan – Taukah Anda apa itu propolis ? Jika belum simak informasi yang akan kami berikan di halaman berikut ini, yakni tentang manfaat propolis yang kini ramai di perbincangkan sebagai obat alternatif untuk mengobati berbagai penyakit baik penyakit non kronis maupun kronis.

Propolis adalah semacam lem lebah yang di hasilkan dari berbagai getah pohon dan sumber botani lainnya yang di kumpulkan oleh lebah madu, yang di gunakan oleh lebah untuk menutupi dan  memperbaiki bagian celah pada sarangnya. Propolis sendiri bersifat lengket dan berwarna coklat kehijau – hijauan. Seperti halnya madu, Propolis juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan yang mana di dalamnya mengandung banyak nutrisi serta kandungan alami lainnya yang dapat di gunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Kandungan dan Manfaat Propolis

Kandungan yang terdapat dalam propolis yamng paling utama, yakni 55% resin, 30% lilin lebah alias  wax, 10% minyak, dan 5% serbuk sari. Selain itu propolis juga mengandung senyawa lain yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh yakni anti biotik alami, sumber vitamin, mineral/kalsium, zinck, zat besi, magnesium, dan sumber nutrisi lainnya. Baca juga : Obat Maag

Karna kandungan propolis memiliki komponen nutrisi yang lengkap, kaya akan zat-zat yang dibutuhkan untuk membangun tubuh dan mengaktifkan kelenjar thymus, mengandung multi vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh serta mengandung zat aktif bioflavonoid yang befungsi sebagai obat untuk berbagai macam penyakit dan bersifat alami. Sehingga propolis memberi khasiat dan manfaat yang besar sekali untuk kesehatan dan sebagai pengobatan alternatif , antara lain:

  1. Propolis mampu mengaktifkan kelenjar thymus yang menjalankan sistem imunitas tubuh
  2. Propolis sebagai anti biotik alami yang mampu melawan berbagai macam penyakit tanpa efek samping
  3. Propolis mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur
  4. Propolis berfungsi sebagai zat anti biotik alami dan anti viral, vitamin, asam amino, mineral yang sangat mujarab untuk penyakit mulut, tenggorokan
  5. Propolis berguna untuk penyakit kandungan lemak tinggi dalam darah dan untuk penyakit jantung
  6. Zat CAPE  yang terdapat dalam propolis berfungsi mematikan sel kanker. Dengan pemakaian zat CAPE secara teratur selama 6 bulan dapat mereduksi kanker sebanyak 50%
  7. Propolis sangat efektif untuk infeksi
  8. Kemampuan untuk menetralisir radikal bebas (yg dapat merusak sel dan jaringan tubuh), dgn cara melindungi sel dgn mencegah teroksidasinya vit C.

Secara garis besar manfaat dari propolis :

  • Penetral racun dalam tubuh dan sekaligus Anti Oksidan kuat
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Antibiotik alami
  • Anti inflamasi/peradangan
  • Memperkuat sel dan mempercepat regenerasi sel

Sejarah dan Penelitian Para Ahli Pada Propolis

Sejak berpuluh-puluh abad yang lalu, propolis diyakini telah di digunakan oleh bangsa Mesir kuno, Persia, dan Romawi. Mesir kuno menggambar proses pembuatan propolis oleh lebah pada vas dan ornamen lainnya, dan menggunakannya pada banyak aplikasi kesehatan untuk meringankan penyakit.

Bangsa Mesir juga belajar dari lebah yang menggunakan propolis sebagai bahan “pembalseman”. Lebah menutupi bangkai binatang penyusup yang mati di dalam sarang dengan propolis dan lilin. Dengan cara ini, lebah mencegah penyebaran infeksi yang disebabkan oleh pembusukan bangkai. Pada tahun 1960, Derevici dkk, menunjukkan bahwa propolis bertanggung jawab atas rendahnya insiden yang disebabkan oleh bakteri dalam sarang (Revue de Pathologie Comparee, 1965).

Berikut beberapa menurut peneliti tentang propolis, diantaranya :

Roy Kupinsel
Propolis merupakan Antibiotik Alami yang dapat melawan berbagai penyakit tanpa efek samping, menurut penelitian sarang lebah jauh lebih steril dari ruang operasi rumah sakit.

University of Columbia 
Propolis dapat membantu system kekebalan tubuh pada manusia dan juga sangat efektif melawan infeksi, serta menemukan suatu zat anti kanker.

David James (Ahli Gizi) 
Propolis telah terbukti menyembuhkan pasien-pasien yang berpenyakit kronis dan berpenyakit mulut dengan cepat.

John Diamond, MD
Dari semua makanan tambahan yang saya selidiki dan uji, Propolis sangat bermanfaat pada Thymus yang merupakan tenaga kehidupan. Propolis mampu mengaktifkan kelenjar Thymus yang menjalankan sistem imunisasi tubuh. Kelenjar Thymus berada pada pangkal leher dan mengandung Lympocytes yang memberikan kekebalan pada kuman dan penyakit.

Jadi dapat kami simpulkan bahwa propolis memang dapat di jadikan sebagai obat alternatif namun pilihlah produk yang aman dan sudah terdaftar di BPOM seperti Walatra Propolis Brazil yang sudah tidak di ragukan lagi keamanannya dan sangat cocok di jadikan sebagai obat tetes untuk mengobati berbagai penyakit seperti sariawan, obat maag dan untuk mengobati penyakit lainnya. Semoga bermanfaat 🙂

by. http://www.kedaiqncjellygamat.com

tina17

www.kedaiqncjellygamat.com adalah website resmi kesehatan yang mmebrikan informasi kesehatan dan pengobatan alternative secara alami untuk mengobati berbagai penyakit dengan herbal berlegalitas BPOM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *